Jumat, 07 Desember 2012

EaseUS Data Recovery Wizard Free Simpel Lagi Tangguh



Entah sengaja atau tidak, kadang kita dan atau orang-orang di sekitar kita sering mengeluhkan soal data yang hilang. Hilang dan tidak tahu bagaimana mengembalikannya. Kehilangan ini bisa terjadi setelah komputer dipakai “beramai-ramai”. Bisa juga hilang saat bereksperimen dengan software partisi dan sebagainya. Tidak usah khawatir, dengan aplikasi recovery data, semua data tersebut bisa dikembalikan.

Penting Saat Recover

Nah, aplikasi yang biasanya di andalkan untuk membantu melakukan proses recovery adalah EaseUS Data Recovery Wizard Free. EaseUS Data Recovery Wizard (DRW), bisa membantu kita memulihkan data akibat terhapus, terformat, kehilangan akibat partisi, kegagalan software, serangan virus, dan sebagainya. Software ini bisa digunakan untuk memulihkan data yang hilang pada harddisk, flashdisk, dan kartu memori.
Namun perlu diingat, proses recovery memiliki beberapa prinsip yang harus diperhatikan. Ini perlu dilakukan untuk menyelamatkan data secara sempurna.

Beberapa prinsip yang harus kita perhatikan dalam me-recover data adalah segera lakukan proses recovery begitu data dinyatakan hilang (harddisk, flashdisk, ataupun kartu memori). Jangan mengisi perangkat penyimpan data yang hilang dengan data baru, baik sebelum dan selama proses recovery. Artinya, jangan menyimpan file di storage data yang hilang atau menggunakannya untuk proses recovery. Jika kondisi ini tidak diperhatikan, kemungkinan data kamu terselamatkan semakin kecil. Sebab, drive data yang hilang sudah tertimpa data baru.

Terbatas

EaseUS Data Recovery Wizard Free memiliki desain antarmuka yang sangat sederhana. Pada halaman muka, terdapat 3 opsi mode pemulihan atau penyelamatan data, yaitu :


  • data recovery karena terhapus biasa,
  • data terhapus tingkat lanjut akibat serangan virus,
  • terformat, sistem mengalami crash, dan recovery partisi.

Halaman selanjutnya menunjukkan berbagai tipe file yang ingin kita selamatkan. Pada halaman ini, kita akan melihat daftar kategori file beserta jenis-jenisnya. Daftar kategori ini membantu seleksi yang lebih spesifik data apa yang bisa kita selamatkan. 

Setelahnya, aplikasi akan mencarikan file-file yang hilang dan kemudian akan menampilkan hasil pencariannya. Kemudian tinggal memilih mana yang akan di recover. Pengoperasiannya begitu mudah dan kemungkinan data terselamatkan juga lumayan tinggi.

EaseUS juga hampir bisa merecover semua jenis file, yaitu :


  • Dokumen.
  • Audio.
  • Video.
  • Berkas terkompresi.
  • Foto/gambar.

Hanya saja, karena aplikasi ini sifatnya free, ia punya keterbatasan, yaitu hanya mampu me-recover data sebanyak 1GB saja. Tapi, untuk versi pro-nya, kamu bisa memulihkan seluruh isi hardisk. Meski demikian, kuota 1 GB sudah cukup untuk melakukan satu kali proses recovery, untuk mengembalikan beberapa file tertentu. Tentu jika kita mencoba mengembalikan seluruh isi harddisk, maka kita perlu berinvestasi untuk versi pro-nya. Sementara, kecepatan scanning dan recover, EaseUS terbilang cukup cepat dan akurat. 

Untuk kategori freeware di bidang data recovery, aplikasi ini terbilang lebih dari lumayan. Setidaknya ada tiga aplikasi serupa yang kemampuannya untuk menyelamatkan beberapa varian data yang terhapus pada flashdisk berkapasitas 4 GB. Flashdisk ini sengaja di format, baik quick format maupun dengan full format. Namun dari segi hasil, EaseUS Data Recovery Wizard Free tetap menjadi yang terbaik.

Referensi :

Koran PCPlus 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar